Pengabdian Kepada Masyarakat (Pengamas) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sumatera Barat (Unisbar) telah melaksanakan kegiatan penyuluhan mengenai HIV-AIDS di Desa Balai Naras, Pariaman. Kegiatan tersebut melibatkan mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan.

Dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terkait HIV-AIDS, mahasiswa keperawatan Unisbar telah aktif berperan sebagai agen perubahan dalam penyuluhan tersebut. Mereka telah melibatkan warga masyarakat secara langsung dengan memberikan informasi yang akurat dan up-to-date tentang HIV-AIDS, termasuk cara penularan, pencegahan, dan pengobatan yang tersedia.

Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan pendekatan yang interaktif dan partisipatif. Mahasiswa menjelaskan secara rinci mengenai fakta-fakta HIV-AIDS, berbagi cerita sukses dalam penanganannya, dan menjawab pertanyaan masyarakat seputar penyakit ini. Selain itu, mereka juga memberikan materi mengenai pentingnya menjaga kesehatan, perilaku seksual yang aman, dan pentingnya menghindari diskriminasi terhadap individu yang hidup dengan HIV-AIDS.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami pentingnya upaya pencegahan HIV-AIDS dan mengurangi stigma yang melekat pada penyakit ini. Mahasiswa keperawatan Unisbar juga berharap bahwa penyuluhan ini dapat membantu masyarakat dalam mengambil langkah-langkah preventif yang tepat dan mengubah perilaku berisiko yang dapat menyebabkan penularan HIV.

Pengamas Fakultas Ilmu Kesehatan Unisbar berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Dengan kegiatan seperti ini, mereka berharap dapat memberikan manfaat dan pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan kepada masyarakat, serta membantu mengurangi dampak negatif HIV-AIDS dalam komunitas lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *